Kondisi makin memprihatinkan dengan gugatan cerai yang terlebih dahulu dilayangkan pihak perempuan (khulu’). Jumlahnya lebih dari 60 persen.

Menteri Agama Lukman Saifuddin
Menteri Agama Lukman Saifuddin

Hidayatullah.com–Menteri Agama (Menag) RI, Lukman Hakim Saifuddin, menyoroti tingginya angka perceraian dari tahun ke tahun. Data yang didapatnya dari Badan Penasehat Pembinaan Pelestarian Perkawinan (BP4), menunjukkan tingginya tingkat perceraian dari tahun ke tahun.

“Saya baru saja bertemu dengan BP4. Ini meresahkan, angka perceriaan meningkat dan inisiatif dari kalangan perempuan,” ungkapnya pada sejumlah elemen masyarakat yang tergabung dalam “Kelompok Tolak Pernikahan Beda Agama” hari Jum’at (12/09/2014).

Kondisi makin memprihatinkan dengan gugatan cerai yang terlebih dahulu dilayangkan pihak perempuan (khulu’). Jumlahnya lebih dari 60 persen.

Pada mereka, Lukman menyarankan agar mengadakan seminar pra-nikah. Hal tersebut bertujuan memberi pemahaman tujuan berumah tangga serta menekan tingkat perceraian.

“Menurut saya, kursus pra nikah menjadi semakin penting. Anak muda sekarang ini, kan, kalau suka, nikah. Kalau nggak suka, ya cerai saja. Nanti bisa kawin lagi. Kesakralannya sudah mulai hilang. Ini justru meresahkan,”ujarnya ketika ditemui di kantor Kementrian Agama RI, JL. Lapangan Banteng, Jakarta.

Lebih lanjut Lukman mengatakan, hal ini mendesak diadakan terutama sejak pengajuan gugatan Pasal 2 Ayat 1, UU Perkawinan 1974 oleh lima orang yang mengaku dari Fakultas Hukum UI. Mereka yang datang ke Mahkamah Konstitusi (MK), mengajukan permohonan pernikahan berbeda agama.

Menanggapi hal itu, Sekjen Aliansi Cinta Keluarga (AILA) Indonesia, Rita Soebagio, mengatakan, pengadaan seminar pra nikah sangat dibutuhkan. Sebagai peneliti di The Center for Gender Studies  (CGS), Ia mendapati fakta, salah satu peningkatan perceraian karena sudah termakan wacana feminisme dan kesetaraan gender. Mengembalikan keutuhan keluarga perlu dikawal dengan pemahaman yang benar tentang esensi pernikahan.

“Salah satu anggota aliansi kami di AQL Islamic Center sudah mengadakan Ar-Rahman Pre Wedding Academy (APWA) sejak tahun 2010. Saat ini telah masuk angkatan ke-9 dan telah meluluskan ribuan orang,” jelas Rita.*

Rep: Rias Andriati

Editor: Cholis Akbar

Sumber : http://www.hidayatullah.com/berita/nasional/read/2014/09/14/29443/angka-perceraian-meningkat-menteri-agama-sarankan-ikuti-seminar-pra-nikah.html

Advertisements