Berikut ini adalah intisari yang saya tangkap dalam Kajian “Apa Kabar Cinta” oleh Ust. Iwan Januar.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

MMA Mei-2014 Apa Kabar Cinta - Web

Kedudukan cinta dalam agama Islam sangat signifikan. Allah SWT selain memiliki nama Ar-Rahman (Maha Pengasih) dan Ar-Rahim (Maha Penyayang) juga memiliki sebutan Al-Waddud yang artinya Maha Mencintai dan Maha Dicintai. Adanya nama ini menjadi tanda bahwa mukmin yang mengharapkan cinta  Allah akan dicintai oleh Allah. Dalam hubungannya dengan interaksi antarmanusia,  dunia cinta seorang mukmin diperluas kepada keluarga, sahabat dan pasangan. Dalam kajian kali ini, Ust. Iwan mengecilkan pembahasan tentang positioning cinta seorang mukmin.

Berbicara mengenai cinta dalam pernikahan, setiap orang menginginkan adanya rumah tangga yang bertahan hingga usia tua. Cinta pada dasarnya adalah salah satu bentuk tabiat yang manusiawi, sesuatu yang membutuhkantake and give agar terus tumbuh. Namun pada perjalanan seorang mukmin, banyak sekali hal-hal yang bertentangan dengan keinginannya. Sebagai contoh, kondisi anak tidak sesuai dengan obsesi orang tua atau bagaimana jika seorang suami ternyata tidak gagah? Maksud gagah disini adalah tidak bisa bangun tahajud atau subuh. Bagaimana jika seorang istri yang dinikahi tidak keibuan? Apakah cinta tersebut akan bertahan selamanya? Apakah memungkinkan kondisi mencintai dengan kondisi give without take?

Mignon McLaughlin berkata bahwa a successful marriage requires falling in love many times, always with the same person.” Ada pasangan-pasangan yang pasca menikah semakin romantis, namun ada pula pasangan yang setelah menikah justru menganga melihat kebiasaan satu sama lain dan menyebabkan cinta menjadi padam. Oleh sebab itu sebelum menikah, seseorang harus menemukan “strong WHY” dalam cinta, dalam memutuskan mengapa saya menikah dengan orang yang saya pilih.

Ada empat faktor yang membuat seseorang memilih pasangan : fisik, materi, popularitas dan agama. Mari dibahas satu persatu, penampakan fisik  adalah sesuatu yang paling gampang diukur dan sangat manusiawi karena setiap orang menikmati keindahan, termasuk di dalamnya keindahan ragawi. Sementara materi, adalah juga sebuah pertimbangan yang manusiawi karena setiap orang memiliki naluri self defense untuk bertahan. Wanita pasti memikirkan bagaimana keselamatan dan keamanan masa depan anaknya saat memilih pria yang dinikahinya. Begitu juga dengan popularitas. Pemilihan pasangan berdasarkan popularitas juga disebabkan sesuatu naluri yang manusiawi yaitu perasaan ingin dihargai.  Sementara itu pemilihan seseorang berdasarkan agamanya didasarkan pada Hadist Bukhari dan Muslim, wanita itu dinikahi karena empat hal; karena hartanya, kedudukannya, kecantikannya dan agamanya. Maka pilihlah karena agamanya, niscaya kamu akan beruntung.

Bicara  jiwa, hati akan tertambat dengan adanya kesamaan. Oleh sebab itu, orang berkumpul dengan komunitas yang sama. Jika tidak sama, maka orang akan berusaha menyamakan agar memiliki modal untuk dekat dengan orang di sekitarnya. Hal ini terjadi dalam PDKT, kadang  orang menyama-nyamakan hal yang tidak sama agar bisa bersama. Hal ini sangat manusiawi sebab seseorang memiliki kecenderungan untuk enjoy dengan pihak lain yang memiliki frekuensi yang sama. Perasaan enjoy tersebut akan menimbulkan kenyamanan dan kenyamanan akan berujung cinta. Kesamaan yang berujung pada kenyamanan ini meliputi kesamaan aturan hidup, pemahaman, cara berpakaian, visi hidup dan lain-lain.

Yang dimaksud dengan visi hidup adalah cara memandang kehidupan seperti apa, rumah tangga seperti apa. Termasuk di dalamnya adalah harapan seorang wanita terhadap calon suaminya dan sebaliknya. Sementara itu tujuan hidup adalah arah yang dituju dengan pernikahan tersebut atau bahasa mudahnya : mau dibawa kemana pernikahan ini. Sementara aturan hidup yang sama mengatur bagaimana gaya hidup nantinya. Gaya hidup yang berbeda akan membuat cinta tidak akan satu. Sebagai contoh seorang DJ dengan seorang mukmin. Apakah memungkinkan keduanya menjadi satu dengan dua latar belakang yang berbeda. Mungkinkah terwujud nasyid dengan gaya DJ?

Dengan adanya perbedaan-perbedaan gaya hidup tersebut, seseorang ditawarkan dengan dua gaya hidup yaitu gaya hidup sekulerisme yang memisahkan antara kehidupan sehari-hari dengan kehidupan agama atau mengikuti al-Aqidah al-Islamiyah. Gaya hidup sekulerisme yang mayoritas mengumbar konten fisik merusak tatanan rumah tangga. Salah satu contohnya adalah konten pornografi yang membuat seorang suami lebih mudah kecewa dengan tampilan fisik istri.

Di sisi lain, al-Aqidah al-Islamiyah berlandaskan kepercayaan kepada Allah yang lebih dalam lagi berlandaskan kepada ketaatan, kepatuhan dan kecintaan kepada Allah SWT. Allah SWT adalah satu –satunya yang memberikan kita kebahagiaan batin dan kepadanya kita akan berpulang. Allah-lah seharusnya titik awal cinta seorang mukmin sebelum cinta kepada yang lainnya. Sebab cinta Allah kepada hambanya sangat besar, tidak akan Allah menyia-nyiakan cinta hambaNya. Oleh sebab itu, cinta kepada Allah sehatusnya menjadi cinta yang pertama sebelum cinta kepada harta dunia, istri, suami dan anak dan menjadi pondasi cinta kepada makhlukNya.

Hikmah cinta kepada Allah :

  1. Sumber keikhlasan

Kita mengetahui bahwa pengorbanan yang kita lakukan akan mendapatkan pahala. Dengan hal ini kita akan merasa ikhlas, legowo dan leluasa memberi cinta. Sebagai gantinya, jika Allah tidak membalas hal tersebut secara langsung, Allah akan memberikan ketenangan pada kita.

  1. Sumber kekuatan

Layaknya pengorbanan dan kekuatan kita pada saat berpuasa dan perjuangan jihad, Allah akan memberikan kita kekuatan untuk dapat menerima pasangan apa adanya.

  1. Sumber kebenaran

Haram atau tidaknya melakukan suatu perbuatan akan menjadi pertimbangan utama. Seorang ayah tidak akan memberikan harta yang haram kepada anaknya karena harta yang haram tidak akan barokah.

Tanya Jawab :

Q : Bagaimana jika suatu kali kita bosan dengan pasangan?

A: Bersyukurlah hingga saat ini ada pasangan yang mampu bertahan dengan kita. Selain itu eksplorasi kebaikan-kebaikan pasangan, mengingat memori lama, memberi ruang hanya berdua dengan pasangan sehingga dapat menimbulkan mawaddah dan rahmah.

Ada beberapa quote dan doa yang saya sukai disini, antara lain :

  1. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu cintaMu dan cinta orang-orang yang mencintaiMu dan aku memohon kepadaMu perbuatan yang dapat mengantarku kepada cintaMu. Ya Allah, jadikanlah cintaMu lebih kucintai daripada diriku dan keluargaku serta air dingin. – Doa Nabi Daud AS memohon cintaNya.
  2. Jangan berharap mendapatkan pasangan sejati jika tidak dilandasi perasaan cinta kepada Allah.
  3. Cinta pada Allah dan cinta karena Allah adalah cinta yang tidak mengenal kata tapi.
Resume By
Nama : Deanny Desbrina H
id twitter : @de_cuya
Advertisements