Kesan Outbond 2-3 Oktober 2010 masih membekas dalam ingatan saya karena begitu banyak pelajaran berharga dari outbond ini. Outbond ini adalah puncak acara dari serangkaian kuliah pra-nikah batch 1 yg diadakan Ar-Rahman dari bulan Mei 2010 – Agustus 2010. Saya sebenarnya *malu* karena saya masih “oon” dan harus banyak-banyak-banyak belajar ttg kesiapan menikah dan ilmu2 yang sudah diberikan saat kursus, hehe *curcol ternyata* . Tapi disisi lain saya sangat bersyukur karena ALLAH memberi kesempatan saya untuk belajar disini dan bertemu dengan pengajar2 dan teman2 sekalian yang sudah seperti keluarga sendiri. :’)

Ar-Rahman Mega Mendung

Tampak dari Luar Masjid

Tempat Outbond di Mega Mendung – Bogor

More...Pelajaran pertama yang saya dapatkan adalah tentang kriteria pasangan, sejenak saat diminta menyebutkan kriteria pasangan kepada teman satu kelompok, saya merasa ragu apakah saya pantas menyebutkan beberapa kriteria yang sangat saya inginkan dan saya idam2kan sedangkan saya sendiri belum berbenah diri dan masih banyak kekurangan, namun saya yakin ALLAH Maha Mendengar hamba2nya, setiap orang pasti pny kelebihan dan kekurangan, perlahan-lahan dan seiring dengan doa serta niat yang tulus , saya juga ingin berubah menjadi jauh lebih baik daripada sebelumnya, mau belajar & berusaha tanpa henti mengharapkan ridho-Nya dan memohon kepada-Nya agar senantiasa dilindungi hingga saat-saat indah yang Allah tentukan itu tiba. Allahuma amin.

Pelajaran kedua adalah saat dimana belajar untuk berkomunikasi, sering sekali saya berkomunikasi kepada teman dan keluarga namun belum tentu komunikasi saya itu baik serta bermanfaat. Bagaimana nantinya jika berkomunikasi dengan pasangan atau dengan keluarganya? Menyampaikan sebuah kabar atau pesan pun juga harus hati2, karena jika ragu/salah menyampaikannya bisa berakibat fatal dan bisa menimbulkan fitnah . Astaghfirullahhaladzim.. *saya termenung apakah selama ini saya banyak berbuat sia-sia dengan apa yang saya ucapkan?* Ya Allah ampunilah hambamu ini 😥

Games pertama di pagi hari itu (3 Oktober) adalah menyampaikan pesan secara berantai dan menuliskannya kembali di kertas dan yang paling benar itulah pemenangnya
Pesan berantai itu berisi :

Berani nikah, tidak takut miskin
Takut miskin tidak jadi-jadi nikah
Takut nikah, siap miskin “

Pesan tsb mempunyai makna yang dalam dan mengingatkan saya ttg kalimat pertama berani nikah, tidak takut miskin yang bermakna bahwa Allah telah memerintahkan kepada manusia melalui Al Quran Surat An-Nuur ayat 32 yaitu :

Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan mengkayakan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha Luas (pemberianNya) dan Maha Mengetahui.”

Pundak ini terasa ringan, hati serasa tenang dan kaki lebih ringan untuk melangkah mendengar janji ALLAH tsb, karena sekali lagi saya diingatkan Allah lah yang paling mengetahui keadaan hamba-hamba Nya.

kalimat kedua takut miskin tidak jadi-jadi nikah , sering kali pikiran-pikiran yang ada adalah takut tidak dapat memenuhi biaya pernikahan dan keperluan sehari-hari saat berumah tangga , rasa khawatir dan ketakutan itu membuat orang berhenti untuk mempersiapkan pernikahan dan jika bnr2 tidak percaya janji ALLAH maka kemungkinan besar orang tsb selalu menunda-nunda pernikahan sampai pada akhirnya tidak jadi menikah. MasyaAllah.. semoga Allah senantiasa melindungi kita dan kita senantiasa rindu untuk memenuhi apa2 yg ALLAH perintahkan.

kalimat ketiga takut nikah, siap miskin , memberikan pencerahan bahwa yang sesungguhnya orang yg miskin sebelum dia benar2 dalam arti miskin adalah orang yang membujang.

Pelajaran kedua adalah tentang table manner (bagi yang kalah games pesan berantai pasti merasakan simulasinya 😀 *kelompok warahmah* karena ini hukumannya & saya termasuk dlm kelompok bagian suporter 😀 😀 )

dari sini saya belajar untuk menghargai waktu makan bersama pasangan ataupun keluarga, menyiapkan masakan / minuman kesukaannya, hmm terasa indah rasanya *hehe agak mupeng*

Untuk pelajaran  selanjutnya adalah makna ttg pesan berantai :

Allah sumber semua cinta
Cinta Allah dapatkan sumber semua cinta
Sumber semua cinta adalah Allah

, Perjalanan ke Curug Panjang bersama Bayi Beras dan Telur Amanah

serta Games Buta, Tuli dan Bisu.

by (tatin) Peserta KPNI Batch 1

Sumber : http://blog.its.ac.id/tintatutatatu/2010/10/03/outbond/

Advertisements